Menceritakan usaha Putra Mahkota (Seja) Lee Sun untuk meruntuhkan kekuasaan kelompok Pyunsoo yg selama ini menguasai kerajaan Joseon. Diawal serial Seja yg diperankan Yoo Seung Hoo digambarkan sbg pangeran yg naif dan tidak tahu apa2 dan hidup dg mengenakan topeng yg menutupi wajahnya. Demi mengetahui alasannya harus memakai topeng Seja mencari Woo Bo (Park Chul Min) mantan pengajar di Sungkyunkwan. Ketika itulah dia bertemu dg Han Kyu Ho (Jeon No Min) seorang pejabat dari Kejaksaan dan putrinya Han Ga Eun (Kim So Hyun) dan seorang pemuda yg memiliki nama yg sama dengannya Lee Sun (Kim Myung Soo). 

Saat berada diluar istana Seja menerima laporan dari seorang petugas pengadilan bernama Park Moo Ha (Bae Yoo Ram) yg memberi tahunya ttg sepak terjang kelompok Pyunsoo yg telah menyengsarakan rakyat yg salah satunya memanipulasi dan menjual persediaan air dg harga mahal. Seja memberikan perintah pada Han Kyu Ho dan petugas Park untuk menyelidiki kelompok Pyunsoo dan hal ini diketahui oleh Kim Daemok (Heo Jun Hoo) ketua kelompok Pyunsoo sehingga menyebabkan kematian Han Kyu Ho yg dipenggal didepan putrinya sendiri. 

Raja yg sudah berang dg segala kejahatan kelompok Pyunsoo berusaha membunuh Daemok tapi rencananya gagal dan malah dirinya yg dibunuh oleh Daemok. Sedangkan Seja yg terjatuh ke jurang terluka parah dia diselamatkan oleh Kim Hwa Gun (Yoon Soo Hee) yg memberinya ramuan yg bisa menghentikan detak jantung selama sesaat yg berhasil mengecoh Daemok yg mengira Seja telah tewas. Setelah membunuh Raja dan Seja, Daemok membuat Lee Sun yg memiliki nama yg sama dg Seja menjadi raja palsu dg memakaikannya topeng dan untuk mengendalikan Lee Sun, Daemok membuatnya kecanduan opium dimana setiap 15 hari sekali dia harus memakan penawar dan jika tidak maka dia akan mati. Dan opium inilah yg membuat Daemok bisa menguasai Joseon. 

Semua tragedi yg terjadi membuat Seja bertekad menghancurkan kelompok Pyunsoo. Dengan arahan dari Woo Bo dan ditemani pengawal setianya Lee Chung Woon (Shin Hyun Soo) mereka berjuang untuk melepaskan Joseon dari cengkraman Daemok.

Sang Putera Mahkota yg harus menjalani hidupnya dg memakai topeng membuat saya teringat dg film Three Musketeer dimana ada tokoh yg diperankan oleh Leonardo DiCaprio dipaksa hidup memakai topeng dan dipenjara tanpa mengetahui kesalahan apa yg telah diperbuatnya hingga harus mengalami semua ini. Tentu banyak perbedaan antara kedua tokoh itu hanya kesamaan mereka yg harus hidup dg memakai topeng. 

Kedua pemeran utama serial ini, Yoo Seung Hoo dan Kim So Hyun memulai karier mereka dari kecil. Dulu itu mereka biasa bermain sebagai karakter muda dari tokoh utama. Tidak heran kemampuan akting mereka sudah terasah dan tidak diragukan lagi. Setiap saya menonton sebuah serial ataupun film hal yg pertama yg dilihat adalah siapa pemainnya jika ada aktor/aktris yg saya sukai ikut bermain pasti ditonton. Dan alasan saya menonton serial ini adalah Kim So Hyun yg memerankan karakter Han Ga Eun. Ketika membaca komentar2 di forum yg mengikuti serial ini banyak yg tidak suka dg karakter Han Ga Eun yg ketika memasuki pertengahan episode digambarkan lemah dan banyak beradegan berurai air mata. Sehingga ada beberapa netter yg lebih mendukung jika Seja lbh cocok dg Hwa Gun karakter second female diserial ini. 

Kalau saya sendiri tetap mendukung hubungan Seja dengan Ga Eun memang sih Hwa Gun lebih banyak berperan dalam membantu usaha Seja tapi ketika melihat chemistry antara Kim So Hyun dan Yoo Seung Hoo saya tetap pada kubu ShyShy couple. Mereka berdua biarpun tidak melakukan adegan romantis yg eksplisit tp terasa sekali chemistry nya baik ketika bertatapan mata, berbicara satu sama lain ataupun hanya berpegangan tangan. Terasa sekali getaran cintanya.. Cieeee..

Sampai ada istilah ekspresi copy paste yg ditunjukin YSH & KSH.. Berharap sekali mereka bermain sbg couple lagi di serial tau film selanjutnya.. Tapi jarang di Korsel bila sudah jd couple di satu serial terus main lagi sbg couple diserial lain lagi.. Seperti ketika saya mengharapkan Ha Ji Won main lagi dg Jo In Sung,, sampai skrg belum terlaksana tuh.. 

Kim Hwa Gun second female diperankan oleh Yoon Soo Hee yg secara tidak terduga lebih disukai dibanding LF nya. Awalnya saya mengira karakter Hwa Gun ini akan menjadi karakter menyebalkan yg akan menganggu hubungan Seja dan Ga Eun. Tapi seiring cerita Hwa Gun malah membuat penonton termasuk saya menjadi kagum atas pengorbanan dan ketulusan cintanya. Dari awal sampai akhir serial ini karakter terpenting yg sangat mempengaruhi alur cerita sebenarnya Hwa Gun. Setiap tindakan Hwa Gun pasti berdampak besar pada ceritanya contohnya yg paling fatal ketika nyawa Seja sedang diujung tanduk maka yg muncul menyelamatkan sering kali bukan Ga Eun ataupun pengawalnya Chung Woon tapi Hwa Gun dan selalu dia. Bahkan ketika akhir cerita (sedikit spoiler) karena Hwa Gun lah Seja bisa mengalahkan Daemok. 

Hwa Gun ini mempunyai pengawal bernama Gon yg diperankan Kim Seo Kyung yg baru2 ini baru liburan di Bali bahkan ada fans Indonesia sempat foto sama dia.. Jadi ingin pindah ke Bali biar bisa ketemu aktor tau aktris yg lagi liburan kesana.. Kembali ke Gon,, Gon ini karakternya agak misterius dan tidak diceritakan asal-usulnya sama sekali. Sangat setia dan patuh pada Hwa Gun dan juga menyimpan perasaan pada Nonanya ini. Ahli pedang terhebat diserial ini yg tidak terkalahkan. 

Ketika awal2 melihat Hwa Gun kok agak familiar dg wajahnya ternyata Yoon Soo Hee ini pemeran karakter masa remajanya Eun Dong di serial My Love Eun Dong nya Joo Jin Moo dan Kim Sarang.. 

Korban keadaan dan karakter yg paling patut dikasihani,, Lee Sun sang raja palsu diperankan dengan baik oleh L Kim Myung Soo. Pertama melihat akting L di serial Time We Were Not In Love nya Ha Ji Won tidak ada spesial dg aktingnya mungkin karena kemunculannya yg sebentar juga karakter yg dibawakannya juga biasa makanya ketika melihat penampilannya di Ruler sempat takjub dg perkembangan kemampuan aktingnya. Diawal cerita Lee Sun digambarkan sbg pemuda dusun yg kikuk dan selalu merendah. Selama ini dia hidup melarat bersama kedua orang tuanya bahkan sebelum bertemu Ga Eun dia tidak mempunyai nama. Ga Eun lah yg memberinya nama Lee Sun yg memiliki arti mempunyai impian besar.

Ketika Lee Sun dipaksa memakai topeng dan hidup sebagai raja boneka dibawah tekanan Daemok membuatnya sikap dan sifatnya berubah menjadi ambisius, kejam dan serakah. Obsesinya untuk memiliki Ga Eun yg dianggapnya sebagai satu2nya kebahagiaannya membutakan matanya sampai tega berusaha membunuh Seja. Tapi meskipun begitu dari awal sampai akhir saya merasa kasihan pada Lee Sun karena sebenarnya dia hanyalah korban yg terjebak diantara perselisihan antara pihak yg berkuasa. 

Kim Myung Soo ini pernah harus dirawat karena kelenjar matanya pecah ketika adegan disiram air dingin. Semoga tidak berdampak buruk dan kedepannya karirnya bisa lebih baik dan moga bisa dapat peran LM. Kim Myung Soo ini salah satu member boyband Infinite tapi meskipun berlatar belakang idol dia tidak hanya mengandalkan popularitas dan wajah tampan tapi juga kemampuan aktingnya yg baik. 

Serial ini sangat recommend untuk ditonton.. Baik dari segi akting, cerita yg apik dan soundtrack yg enak didengar.. Kim So Hyun dan L Infinite juga ikut mengisi soundtrack.. Jadi jangan lewatkan serial ini.. 

Advertisements