Jieyou, seorang gadis yatim piatu yang mengembara bersama kelompok penghibur jalanan. Ketika usianya dua tahun Jieyou ditemukan oleh ketua kelompok penghibur itu dengan sebuah giok terkalung dilehernya. Suatu hari Jieyou menolong seorang pemuda yang tertusuk dan hampir sekarat. Pemuda itu mengenalkan diri dengan nama Wenggui seorang yatim piatu yang sedang mencari sanak saudaranya. 

Setiap saat mereka berdua selalu bertengkar tapi hal itulah yang membuat Jieyou dan Wenggui semakin dekat. Suatu ketika Jieyou dan kelompoknya terjebak dalam badai pasir beruntung ada Wenggui yang menuntun mereka ketempat aman. Persediaan air yang habis membuat Jieyou nekat keluar untuk mencari sumber mata air tapi dia malah tersesat dan akhirnya jatuh pingsan untunglah Wenggui menemukannya. Dengan mengandalkan insting kuda mereka berhasil menemukan mata air. 

Wenggui mengucapkan salam perpisahan pada Jieyou karena dia hendak menyelesaikan urusannya. Tapi baru sebentar Wenggui kembali dengan diikuti pasukan Xiong Nu yang memaksanya menunjukkan mata air. Dengan akal dan trik mereka, Jieyou dan Wenggui berhasil meloloskan diri tetapi giok milik Jieyou hilang. Wenggui meninggalkan pisau miliknya pada Jieyou dan berjanji untuk menemukan giok tersebut. 

Ketika memasuki kota kelompok Jieyou ditangkap pihak berwajib karena memiliki pisau milik Wenggui. Rupanya komandan pasukan Xiong Nu memalsukan laporan yang menyebutkan bahwa orang yang membawa pisau tersebut adalah mata-mata Xiong Nu. Demi menyelamatkan kelompoknya Jieyou rela menerima hukuman mati ketika hari eksekusi tiba Wenggui tau-tau sudah berada disisi Jieyou. Ketika Jieyou ketakutan karena takut dipenggal Wenggui sempat-sempatnya berkelakar kalau hantu yang belum menikah nantinya akan dibully oleh hantu lainnya karena itu Wenggui mengajak Jieyou untuk menikah dan menyuruhnya memanggil Wenggui ‘suamiku’. Jieyou menolak habis-habisan tetapi ketika algojo mengayunkan goloknya Jieyou berteriak “suamiku aku takut” saat itulah Wenggui melancarkan aksinya dengan melumpuhkan algojo. 

Ternyata Wenggui mengenal jendral Li yang bertugas disana karena identitas Wenggui sebenarnya adalah utusan dari negara Wusun. Dan tidak disangka jendral Li mengenali giok milik Jieyou demi mengetahui asal usulnya atas petunjuk jendral Li, Jieyou pergi ke ibukota untuk menemui jendral Huai. Wenggui memberikan pisau miliknya pada Jieyou sebelum pergi dia berkata pada Jieyou selama dia menyimpan pisau ini maka Wenggui akan selalu bisa menemukan Jieyou. Wenggui pergi untuk menemui raja Han untuk meminta dikirimnya seorang putri Heqin agar dinikahkan dengan raja Wusun sebagai simbol persekutuan antara Han dan Wusun. Raja pun menyetujuinya dan memilih putri mana yang pantas untuk menjadi putri Heqin. 

Sementara itu Jieyou kini mengetahui bahwa dirinya ternyata keturunan bangsawan dan kedua orang tuanya tidak membuangnya tapi meninggal karena wabah penyakit dan dia masih memiliki paman, nenek dan adik sepupu. Adik sepupu Jieyou tidak menyukainya ketika mendengar kabar bahwa raja sedang memilih seorang putri Heqin dia mencoba menjebak Jieyou agar Jieyou lah yang dipilih. Sampai-sampai dia berpura-pura bunuh diri agar Jieyou simpati dan mau menggantikannya menjalani seleksi raja tapi Jieyou sama sekali tidak tertipu dan menolak mentah-mentah. 

Suratan takdir memang tidak bisa diubah karena biarpun Jieyou lolos dari rencana adik sepupunya tapi bagaimana dia bisa melawan perintah raja yang langsung memilihnya sebagai putri Heqin. Sempat berusaha melarikan diri dan menolak akhirnya Jieyou setuju setelah raja mengancam untuk menghukum mati pamannya. Tanpa mengetahui bahwa Wenggui sedang mencari-cari dirinya. Dengan dikawal oleh Huai Tian Sha dan ditemani pelayan pribadinya Ah Cai beserta pasukan pelindung, Jieyou pergi ke kerajaan Wusun.

Ditengah perjalanan rombongan Jieyou bertemu dengan Feng Liao seorang gadis pedagang yang menjual kuda pada mereka dan turut serta dalam rombongan sebagai penunjuk jalan. Ketika rombongan Jieyou diserang oleh pasukan Xiong Nu, Wenggui tiba-tiba muncul dan turut membantu. Wenggui berlutut didepan tenda dan meminta untuk bertemu dengan putri heqin dan betapa terkejutnya dirinya ketika Jieyou yang menunjukkan diri. Awalnya Wenggui menyangka Jieyou sukarela menjadi putri heqin karena tergiur harga dan kehormatan tapi akhirnya dia mengetahui bahwa Jieyou dipaksa. Ketika mereka berdua diserang oleh pasukan Xiong Nu Wenggui terluka dan tidak sadarkan diri. Jieyou memeluk tubuh Wenggui untuk menghangatkannya. 

Setelah sadar Wenggui mengajak Jieyou untuk pergi bersamanya kesebuah desa dan mereka menetap disana selama beberapa hari sampai suatu malam desa itu diserang pasukan Xuan nu dan para penduduknya dibantai. Jieyou menyalahkan dirinya atas kejadian tersebut. Feng Liu membawa kembali Jieyou yang tidak sadarkan diri kembali ke perkemahan sementara Huai Tian Sha menantang duel Wenggui. Huai mengalahkan Wenggui dan membuang tubuhnya kesungai dan Jieyou pun dengan sedih menerima kabar kematian Wenggui dari brother Huai. 

Sampai di Wusun Jieyou malah harus menghadiri upacara pernikahan antara raja Wusun Kunmi dengan Hu Gu, putri heqin yang dikirim kerajaan Xuan Nu yang telah sampai lebih dulu. Merasa dirinya dihina Jieyou menolak masuk kedalam istana dan tetap berada didalam kereta selama Kunmi belum menikahinya secara resmi. Ketika Jieyou berada didalam kereta seorang diri ada seseorang yang membawa kabur dirinya kesebuah padang rumput. Ketika Jieyou keluar dari kereta dia melihat Wenggui sedang berjalan menuju dirinya. Jieyou berlari menyongsongnya dan lalu memukul dada Wenggui sambil berkaca-kaca kedua matanya.

Kebersamaan itu tidak berlangsung lama karena Huai datang untuk membawa kembali Jieyou. Kedua jendral itu sudah mengeluarkan pedang masing-masing dan siap bertarung jika Jieyou tidak menghentikan mereka. Jieyou meminta pada Wenggui untuk bangun dari mimpinya dan melupakan kebersamaan mereka karena sekarang Jieyou telah memutuskan untuk menerima takdirnya.

Babak baru kehidupan Jieyou pun dimulai dirinya yang telah menikah dengan Kunmi mulai menghadapi intrik-intrik istana. Saingannya Hu Gu adalah seorang wanita yang selain cerdas dan penuh tipu daya juga memiliki kemampuan bela diri. Akankah kisah Jieyou berakhir bahagia? Takdir macam apakah yang menantinya? Sudah berakhirkah hubungan Wenggui dan Jieyou? 

Diawal-awal episode serial ini menyuguhkan cerita yang segar dan ringan juga interaksi antara Jieyou dan Wenggui memberi hiburan tersendiri. Karakter Jieyou yang diperankan Zhang Xinyi tampil menarik karakternya yang cerdas, ceria dan berkepribadian kuat membuatnya tidak mudah ditindas dan selalu melawan balik jika diserang. Jieyou juga tidak mudah terbawa perasaan biarpun dia sangat mencintai Wenggui tapi tidak membuatnya lupa pada tanggung jawabnya. Tidak seperti Hu Gu yang berusaha merayu Kunmi Jieyou tetap menjaga harga dirinya dan bersikap terhormat.

Wenggui diperankan Yuan Hong memiliki karakter yang independen, berjiwa bebas dan mengikuti kata hatinya. Meskipun perasaannya terluka karena pilihan Jieyou tapi perasaannya tidak merubah dan selalu mendukung dan melindungi Jieyou. 

Serial ini menjanjikan cerita menarik kedepannya tapi biarpun di youtube tersedia videonya sampai episode terakhir tapi untuk subtitlenya di subscene hanya sampai episode 12 sehingga saya pun tidak bisa menonton kelanjutannya. 

Advertisements