Review Serial Saimdang Light’s Diary Ep 1-8

Serial comeback nya Lee Young Ae setelah vakum selama 14 tahun dari dunia akting semenjak berperan sebagai dokter wanita pertama dinasti Joseon Dae Jang Geum di serial Jewel in the Palace. Serial yang sangat sukses tidak hanya di negeri asalnya Korea Selatan tapi juga di mancanegara lainnya. Kisahnya yang mengharukan tapi tidak terkesan cengeng disertai konflik-konflik baik politik, sosial maupun persamaan gender membuat serial Jewel in the Palace begitu dikenang dan membekas di hati para penontonnya. Dan tentu sebagai pemeran utamanya Lee Young Ae lah yang menjadi sorotan utama dan menjadikannya artis terpopuler saat itu maka tidak mengherankan jika serial Saimdang ini sangat dinantikan. 

Saimdang the light’s diary menampilkan dua kisah wanita dengan setting waktu masa kini dan masa lampau yaitu Seo Ji Yoon dan Shin Saimdang yang keduanya diperankan oleh Lee Young Ae. Seo Ji Yoon dengan keadaan finansial keluarganya yang sangat buruk karena bisnis suaminya, Jung Min-Seok (Lee Hae Young) mengalami kegagalan dengan kondisi dicari-cari oleh para penagih hutang dia berusaha menjaga ibu mertua dan anaknya hingga akhirnya mereka berakhir hidup mengontrak di daerah pinggiran Seoul. Keadaan semakin buruk ketika Ji Yoon dipecat dari pekerjaannya sebagai staf pengajar di universitas karena memiliki konflik dengan profesor pembimbingnya Min Jung Hak (Choi Jung Han). Konflik itu dimulai ketika Ji Yoon menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Han Sang Hyun (Yang Se Jong) mengenai keaslian lukisan Keumkangsando karya pelukis legendaris Ahnkyun dimana prof Min adalah pembicaranya. Tanpa disengaja Ji Yoon menungkapkan keraguannya mengenai keaslian lukisan tersebut. Hal itu membuat prof Min murka dan membuatnya dipecat sampai dirinya terlunta-lunta di Italia dan disanalah dia menemukan diary tua milik Saimdang yang didalamnya memuat kebenaran tentang lukisan Ankhyung. Dimulailah kisah Saimdang dengan gaya flashback ketika Ji Yoon bersama Sang Hyun dan sahabat Ji Yoon, Ko Hye Jung (Park Jun Myun) meneliti dan menerjemahkan diary Saimdang. 

Shin Saimdang adalah putri Shin Myung Hwa (Choi Il Hwa) seorang bangsawan yang dulunya bekerja di kerajaan pada masa Raja Joongjong tapi dirinya memilih mengundurkan diri dan menyepi di daerah pedesaan dan mendirikan sekolah untuk para gadis bangsawan. Saimdang muda (Park Hye Soo) memiliki bakat seni yang sangat potensial terutama dibidang melukis karena penasaran ingin melihat lukisan Keumkangsando dia memasuki rumah keluarga yang memilikinya hingga dia dipergoki oleh sang tuan muda keluarga tersebut yaitu Lee Gyeom (Yang Se Jong). Benih-benih cintapun tumbuh dikedua hati muda-mudi tersebut sampai mereka sepakat untuk menikah tapi tragedi pun terjadi ketika Raja Joongjong (Choi Jung Han) bersama ajudannya sedang berkeliling negara dengan pakaian sipil singgah dirumah keluarga Shin dan meninggalkan puisi untuk bangsawan Shin yang isinya mengenai pembantaian pemberontakan dimasa lalu. Tanpa disengaja Saimdang melihat puisi tersebut dan menuliskannya di lukisan karyanya yang menuangkan keprihatinan Saimdang atas kesengsaraan warga desa yang kelaparan sangat kontras dibanding kehidupan para bangsawan yang berpesta pora. 

Nyawa Saimdang pun dalam bahaya ketika dirinya menjadi saksi pembantaian warga desa tersebut atas perintah walikota Min Chi Yung (Choi Cheol Ho). Diketahuinya ada saksi yang menyaksikan pembantaian tersebut oleh Min Chi Yung ketika dia mendapat kiriman berupa pita rambut bercorak bunga dan buku berisi lukisan2 Saimdang yang menggambarkan kebobrokan tingkah laku para bangsawan. Dia pun memerintahkan untuk mencari dan membunuh saksi tersebut yaitu Saimdang. Disisi lain nyawa ayah Saimdang pun dalam bahaya ketika raja Joongjong memerintahkan untuk membunuh para bangsawan yang menerima puisinya. Ayah Saimdang pasrah dengan perintah raja tersebut tapi ibu Saimdang memohon pada pengawal raja yang akan membunuh suaminya untuk memberi mereka satu hari agar bisa menyelamatkan nyawa putrinya. Pengawal itu memberikan syarat jika ingin nyawa putri mereka dan Lee Gyeom yang adalah sepupu raja selamat maka rencana pernikahan Saimdang dan Lee Gyeom harus dibatalkan. Saimdang mendengar pembicaraan kedua orang tuanya dan diapun merelakan dirinya menikah dengan orang lain demi keselamatan orang yang dicintainya walaupun pada akhirnya ayah Saimdang harus meregang nyawa dibawah pedang sang pengawal raja. 

Hidup Lee Gyeom menjadi tidak karu-karuan semenjak pernikahannya dengan Saimdang gagal. Lee Gyeom dewasa (Song Seung Hoon) hanya minum2 dan keluar masuk rumah bordir sampai dirinya mendengar tentang perpindahan Saimdang dan anak2nya ke kota lain lalu melihat kehidupan Saimdang yang sulit karena kebodohan suaminya. Lee Gyeom menemui Saimdang awalnya dia marah melihat kehidupan Saimdang berubah menjadi sengsara tapi Saimdang membalas perkataan Lee Gyeom dengan berkata bahwa pemuda yang dua puluh tahun lalu dia cintai sudah tidak ada lagi, pemuda dengan bakat seni luar biasa dan sangat bersemangat. Perkataan Saimdang menohok dan menyadarkan Lee Gyeom yang melihat Saimdang walaupun kehidupannya sangat sulit tapi dia terlihat bahagia bersama keempat anaknya. Bayangan masa lalu pun hadir kembali ketika Saimdang bertemu kembali dengan Min Chi Yung, pelaku pembantaian yang dia saksikan dulu selain itu Min Chi Yung juga adalah rival politik dari Lee Gyeom yang sudah kembali berkiprah dikerajaan. Babak baru dimulai ketika tragedi dan kenangan masa lalu kembali bangkit dan menampakkan terornya kembali. 

Ji Yoon dan kedua rekannya mulai menemukan petunjuk2 lain tentang keberadaan lukisan Ankhyung yang asli dari diary milik Saimdang dan ternyata penyebab kebangkrutan perusahaan Min Seok, suami Saimdang juga berhubungan dengan lukisan tersebut sehingga dia pun mulai menyelidiki hal yang sama. 

Dengan gaya flashback dan peran ganda yang dimainkan oleh beberapa pemeran meningatkan saya pada serial Legend of Blue Sea yang juga memiliki gaya yang sama tapi serial Saimdang ini lebih halus dan terasa lebih mengalir ketika berpindah dari masa kini ke masa lampau. Flashback yang ditampilkan kadang dimunculkan saat Ji Yoon dan Sang Yun menerjemahkan diary Saimdang tapi kadang pula ketika Ji Yoon mengalami penglihatan kehidupan Saimdang yang membuat saya menerka apakah nantinya akan dibuat jika Ji Yoon adalah renkarnasi Saimdang hingga dia bisa mengalami penglihatan tersebut. Lalu apakah nantinya Sang Hyun akan mengalami penglihatan yang sama karena dulunya dia adalah Lee Gyeom (muda) berarti apakah nanti akan menjurus ke kisah cinta ‘senior yang sudah menikah dan junior muda’ diantara keduanya? Lalu bagaimana ceritanya Lee Gyeom bisa berada di Italia dan menyembunyikan diary Saimdang dan lukisannya disana? Semuanya masih misteri dan membuat saya penasaran dengan serial ini walaupun di Korea sana katanya ratingnya turun tapi menurut saya serial ini lumayan menarik untuk diikuti. Mungkin beberapa mengharapkan serial ini menjadi Jewel in the palace ‘kedua’ tapi pihak SBS memutuskan menampilkan sesuatu yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: