Serial ini berkisah tentang seorang dokter ahli bedah bernama dr. Boo Yong Joo yang memiliki keterampilan luar biasa dalam ilmu bedah membuat dirinya dijuluki “Tangan Tuhan”. Karena suatu insiden yang membuat seorang pasien yang sangat berarti bagi dirinya meninggal dunia membuatnya mengundurkan diri dari rumah sakit Geodae. Bekerja kembali di sebuah rumah sakit tua di pelosok desa dia mengganti nama menjadi Kim Sabu atau Guru Kim. 

Han Suk Kyu sebagai Boo Yong Joo/Kim Sabu

Seorang dokter muda ahli bedah, Kang Dong Joo dimutasi ke rumah sakit Doldam yang terpencil karena gagal ketika melakukan operasi pada seorang pasien VIP. Sewaktu dirinya masih remaja ayahnya meninggal karena terlambat mendapatkan penanganan medis. Dong Joo pun mengamuk dirumah sakit ketika itu datang seorang dokter yang menghentikan amukannya. Sambil mengobati luka Dong Joo dokter itu menasehatinya dan perkataan dokter itulah yang menginspirasinya untuk menjadi seorang dokter. Tak disangka dia bertemu kembali dengan sang dokter itu di rumah sakit Doldam. 


Yoo Yun Suk sebagai Kang Dong Joo

Yoon Seo Jung dokter spesialis penanganan darurat, setelah dirinya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tunangannya tewas, dalam keadaan luka-luka Seo Jung mendaki gunung seorang diri sampai dia terjatuh dan membuat pergelangan tangannya terluka parah. Ketika tidak sadarkan diri di hutan Seo Jung ditolong oleh Kim Sabu dan membawanya ke rumah sakit Doldam. Dengan pergelangan tangan yang tidak bisa bergerak dengan baik membuatnya tidak bisa bekerja sebaik dulu. Tetapi hal tersebut tidak membuatnya menyerah dan berusaha memperbaiki kekurangannya. 

Seo Hyun Jin sebagai Yoon Seo Jung

Konflik sederhana dengan drama yang tidak berlebihan itulah yang ditampilkan serial ini. Tertipu dengan judulnya ‘Romantic Doctor’ saya kira serial ini akan menceritakan kehidupan asmara para dokter tapi justru yang lebih banyak diceritakan adalah ‘pertempuran’ para dokter dan perawat diruang operasi dan unit gawat darurat. 

Memang ada cerita romansa antara Dong Joo dan Seo Jung tapi bisa dibilang hanya bumbu pemanis. Konflik yang sebenarnya terjadi antara Kim Sabu dengan direktur rumah sakit Geodae, dokter Do Yoon Wan rivalnya sejak dulu. 

Choi Jin Ho sebagai Do Yoon Wan

Berawal dari Presdir Shin yang meminta pada Kim sabu untuk melakukan operasi penggantian batere jantung buatan miliknya. Kim sabu pun menyanggupinya dengan salah satu syarat Presdir Shin menyediakan alat-alat medis untuk rumah sakit Doldam. Direktur Do tidak ingin Presdir Shin dioperasi oleh rivalnya Kim sabu dengan berbagai cara dia berusaha menghentikan operasi itu salah satunya dengan mengirimkan para staf Geodae ke Doldam dan diantara para staf itu adapula dr Do In Boem, putra direktur Do yang juga spesialis bedah umum seperti Kang Dong Joo. Bisa ditebak jika nantinya Dong Joo dan In Boem akan menjadi saingan bahkan nantinya In Boem pun menyukai Seo Jung. Jika anda mengharapkan adanya kisah cinta segitiga antara mereka siap-siaplah untuk kecewa karena sang penulis naskah tidak menitikberatkan pada kisah cinta. Lagipula sampai akhir episode In Boem tidak pernah mengungkapkan rasa sukanya pada Seo Jung bahkan diawal In Boem malah mengira jika Seo Jung adalah saudara seayah hasil hubungan gelap ayahnya karena selama ini Seo Jung dibiayai oleh direktur Do. 

Yang Se Jong sebagai Do In Boem

Lebih banyak menampilkan adegan sayat mengayat diruang operasi ada beberapa adegan yang membuat saya merinding dibuatnya sampai tidak kuat melihatnya salah satunya ketika Kim sabu mengoperasi pergelangan tangan Seo Jung yang tanpa sadar menyayat pergelangan tangannya sendiri. Adegannya dibuat nyata sekali dan saya pun terpaksa mengskipnya karena tidak kuat melihatnya. Setiap episode nya ditampilkan dengan menarik, emosi dan adrenalin para staf rumah sakit ketika berusaha menyelamatkan pasien ditambah dengan konflik antar pemain dan bayangan masa lalu yang terus menghantui. Biar kita lari kemanapun ataupun mengganti nama mereka akan tetap ada bila kita tidak berani menghadapinya maka mereka tidak akan berhenti. 

Pertarungan antara orang yang memegang idealisnya dengan orang yang membuang idealisnya demi kekuasaan dan uang itulah inti serial ini. Patut dipuji para pemerannya mereka mampu memeragakan adegan operasi dengan gerakan yang terlihat nyata disertai pengucapan istilah2 medis yang sulit.

 

Advertisements