Review Karakter-Huang Rong Part 3

Setelah sedikit mereview kisah Huang Rong muda sekarang saya mau mengenalkan beberapa aktris yang pernah memerankan karakter legendaris ini. 

Barbara Yung-1983

Aktris yang memperkenalkan karakter Huang Rong muda pertama kali di layar kaca Indonesia. Barbara Yung berhasil menghidupkan karakter Huang Rong yang jahil, cerdik, manja dan semaunya sendiri. Lawan mainnya Guo Jing yang diperankan Felix Wong juga tampil dengan cukup baik. 

Huang Rong dengan penampilan terbaik baik kostum maupun tatanan rambut benar-benar menggambarkan sosok gadis dengan kecantikan klasik. Jujur saja saya lebih menyukai penampilan aktris2 Wuxia jaman 80an dibanding sekarang. Ada keindahan tersendiri dengan kostum2 klasik yang mereka kenakan. 

Guo Jing harus benar-benar menahan kesabaran atas semua ulah yang dilakukan gadis yang sulit diatur ini. Salah satu scene yang menunjukkan sisi kejam Huang Rong ini adalah ketika dia membius Hong Qigong lalu mengikatnya dikayu dia membuat setengah badan Hong Qigong terendam air laut. 

Chemistry yang ditunjukkan oleh ayah anak ini begitu terasa. Huang Yaoshi yang diperankan Kenneth Tsang dibalik sikapnya yang dingin dan ‘sesat’ tapi dia sangat menyayangi putrinya. 

Hubungan ‘Tom and Jerry’ yang ditampilkan oleh bocah tua nakal dengan Huang Rong menjadi hiburan tersendiri. Salah satunya ketika Huang Rong yang saat itu sedang terluka Guo Jing meminta tolong pada Bocah tua nakal untuk mengobati Huang Rong tapi Bocah tua nakal malah berkata kalau dia punya kenalan yang menjual peti mati dan akan mendapatkan harga diskon untuk mereka. 

Sayang kita tidak bisa melihat kiprah Barbara Yung di dunia perfilman lagi karena aktris ini sudah meninggal. 

Athena Chu-1994

Jika saat itu TVB tidak memilih Athena Chu dan Julian Cheun sebagai pemain utama entah bagaimana nasib serial ini. Dengan kostum yang sangat sederhana dan latar setting yang seadanya pasangan Guo Jing dan Huang Rong ini mampu menampilkan akting yang memikat dan membuat kita betah menonton serial ini. 

Wajahnya yang manis dan cantik, Athena Chu menampilkan Huang Rong yang manis, cerdas dan halus. Jika Barbara menampilkan Huang Rong yang licik dan semau gue, maka Athena membuat kita melihat Huang Rong yang mudah disukai. 

Dibandingkan kostum Barbara yang cantik dan elegan, kostum Athena sangat sederhana beruntung dia memiliki wajah yang manis dan enak dipandang jadi dipakekan baju apapun tetap keliatan cantik. 

Ariel Lin-2008

Ada yang berkomentar Ariel Lin tidak pantas berperan sebagai Huang Rong karena terlalu chubby dan tidak punya skill beladiri sehingga membuatnya kaku ketika memeragakan adegan laga. Tapi Ariel mampu menghadirkan sosok Huang Rong dengan gaya nya sendiri. 

Diawal kita dikenalkan pada sosok Huang Rong yang jahil, lucu dan kekanak-kanakan. Ariel bisa menampilkan sosok remaja centil yang cerdas dan senang menjahili orang lain. 

Chemistry yang ditampilkan Ariel dan Hu Ge benar2 terasa baik melalui pandangan mata dan bahasa tubuh mereka. Mungkin karena di serial Seven of Sky mereka sudah pernah bermain sebagai pasangan karena itu mereka sudah memiliki chemistry yang kuat. 

Trio guru-murid yang kompak, Bryan Leung bisa dibilang aktor terbaik pemeran pengemis sakti Hong Qigong. 

Adanya pengembangan karakter diserial ini bila diawal ditampilkan Huang Rong yang kekanak-kanakan. Maka menjelang akhir Ariel menampilkan sosok Huang Rong yang dewasa dan berpikiran luas. Sayang diserial ini tidak ada bagian penyelamatan benteng Xiangyang.

Zhou Xun-2003

Yang bisa dikatakan untuk Zhou Xun dan Li Yi Peng mereka terlalu tua untuk memerankan karakter pendekar remaja Huang Rong dan Guo Jing. Seperti melihat tante-tante dan om-om yang mencoba berpenampilan muda. 

Jika menyangkut masalah akting baik Zhou Xun maupun Li Yi Peng sudah memiliki jam terbang cukup lumayan sehingga mereka bisa membawakan kedua karakter ini dengan gaya mereka. Tapi baik kostum maupun gaya rambut tidak membantu sama sekali untuk membuat mereka terlihat muda. Jikalau mereka berperan sebagai Huang Rong dan Guo Jing di Return of Condor Heroes maka akan lain cerita. 

Ketika sutradara Zhang Jizhong memproduksi serial ini dia juga sedang menggarap serial Demi Gods and Semi Devils yang juga karya Chin Yung. Jika dibandingkan kedua serial tersebut maka akan terlihat perbedaan jauh antara kualitas wardrobenya. Di serial DGSD kostum-kostum yang dikenakan oleh para pemainnya begitu bagus dan sesuai dengan karakternya. Bandingkan kostum Huang Rong nya Zhou Xun dengan kostum Wang Yuyan nya Liu Yi Fei begitu sangat berbeda kualitasnya. Mungkin inilah salah satu penyebabnya sang sutradara menganaktirikan serial LOCH. 

Idy Chan-1988

Satu lagi tante-tante yang dipaksakan memerankan gadis muda. Tak bisa dipungkiri bila Idy Chan tampil memukau sebagai Xiao Long Nu bersama Andy Lau sebagai Yang Guo. Wajahnya yang sendu dan melonkalis sama sekali tidak cocok berperan sebagai gadis ceria seperti Huang Rong.

Li Yi Tong-2017

Aktris pendatang baru yang langsung didaulat untuk memerankan karakter legendaris Huang Rong. Tak ayal banyak yang meragukan apakah Li Yi Tong bisa membawakan karakter ini sebaik pendahulunya. 

Dipasangkan dengan William Yang Xuwen sebagai Guo Jing. 

Saya belum bisa memberi pendapat tentang Huang Rong nya Li Yi Tong ini karena belum menonton serialnya. Serial ini masih tayang di Mainland sana. 

Karakter Huang Rong lah yang membawa saya menyukai serial-serial Wuxia khususnya karya-karya Chin Yung. Karakternya yang cerdas, jahil dan manja membuat betah mengikuti kisah ini baik membaca novelnya ataupun menonton serialnya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: