Mengambil latar belakang pada era dinasti Yuan dan kerajaan Goryeo, serial ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang wanita yang diambil dari sejarah nyata. Tentu saja diserial ini banyak cerita yang diubah demi kepentingan skenario. Salah satunya adalah karakter Wang Yu yang merupakan tokoh fiktif. Bisa dibilang drama ini adalah drama sejarah yang tidak mengikuti sejarah. 

Seung Nyang atau nantinya menjadi Empress Ki diperankan dengan baik oleh Ha Ji Won. Jujur saja ketika memilih serial yang ingin saya tonton, yang dilihat adalah nama pemainnya. Dan alasan saya menonton serial ini karena aktris Ha Ji Won menjadi pemeran utamanya. 

Karakter Seung Nyang yang diawal cerita memiliki sifat patriot dan rela berkorban bertranformasi menjadi Selir Ki yang ambisius, dingin dan kejam. Mampu melakukan apapun untuk mencapai kekuasaan tapi tidak melupakan kesejahteraan rakyatnya.

Kisah cintanya yang berakhir tragis, tiga pria yang dikasihinya mati meninggalkannya. Kenapa saya bilang tiga pria, karena menurut saya Tal Tal pria yang dianggap guru oleh Seung Nyang juga memiliki kisah romansa tersendiri dengan Seung Nyang. 

Diakhir cerita Seung Nyang mengatakan cintanya pada Tahwan disaat-saat terakhirnya. Tapi sebenarnya siapakah yang dicintai Seung Nyang, menurut saya Seung Nyang mencintai mereka bertiga tapi dengan cinta yang memiliki arti yang berbeda. 

Hubungannya dengan Wang Yu didasari dengan rasa patriot mereka yang ingin memerdekakan Goryeo dari penjajahan Yuan. Bisa dibilang Wang Yu lah orang yang paling dipercayai Seung Nyang, bahkan meskipun Seung Nyang sudah menjadi selir hubungan kerja sama mereka tidak terputus. 

Byul adalah buah cinta antara Seung Nyang dan Wang Yu, tapi takdir berkata lain mereka tidak bisa berkumpul sebagai keluarga yang bahagia. 

Kematian Wang Yu yang dibunuh oleh Tahwan begitu menghancurkan hatinya. Sambil memeluk tubuh Wang Yu yang sudah dingin, Seung Nyang berkata jika dikehidupan selanjutnya dia ingin Wang Yu melupakannya sedangkan dia sendiri akan terus mengingat dosanya pada Wang Yu dan akan membalas semua kebaikan Wang Yu padanya. 

Kalau ditanya siapa yang paling mencintai Seung Nyang, maka menurutku adalah Wang Yu. Cintanya walaupun sudah dikhianati tapi tetap bertahan, dirinya rela berkorban apa saja demi Seung Nyang. Bahkan disaat terakhir pun Wang Yu hanya memikirkan Seung Nyang. 

 

Berlanjut pada Tal Tal, sang ahli militer yang dianggap guru oleh Seung Nyang. Hubungan mereka tidak ada romantisnya lebih pada hubungan guru murid dan dua orang yang memiliki pemikiran yang sama. Tapi chemistry yang dibangun mereka berdua begitu terasa. Kadang mereka menjadi saingan ketika masing-masing dari mereka mencari harta karun milik Yeon Chul. Lalu ketika diakhir Tal Tal dengan terpaksa harus membunuh pamannya sendiri, Bayan, karena sudah terbutakan oleh kekuasaan. Dirinya memilih untuk berpihak pada Seung Nyang. 

Tahwan, sang Kaisar Huizhong dari tiga pria tersebut Tahwan lah yang paling membutuhkan Seung Nyang. Ketika pertama kali bertemu dengan Seung Nyang dia sudah bergantung padanya. Pangeran penakut yang tidak bisa berbuat apapun lalu menjadi kaisar boneka dibawah kekusaan Yeon Chul. 

Bagi Tahwan, Seung Nyang adalah hidupnya. Tanpanya dia tidak bisa berbuat apapun, Seung Nyang mengubahnya dari kaisar yang lemah menjadi kaisar yang bisa memegang kekuasaannya. 

Tapi Tahwan pun rela mengorbankan nyawanya untuk melindungi Seung Nyang. 

Perlahan dia mampu menumbuhkan cinta dihati Seung Nyang. 

Menjadikan Seung Nyang sebagai permaisurinya. 

Mereka hidup bahagia bersama dengan putra mereka, Ayu. 

Diakhir hayatnya Tahwan berada dipangkuan istrinya. 

Link download Empress Ki ep 1-51 :

http://www.hunstulovers.net/empress-ki-2013-subtitle-indonesia-episode-01-51-end-mp4.xhtml

Advertisements